Wiigo T1

Android Wiigo - Indosat

Android Wiigo - Indosat

Bertepatan dengan perhelatan Indonesia Cellular Show 2010 yang tengah berlangsung, Indosat meluncurkan handset Android lokal yang diberi nama Indosat Wiigo, seharga Rp1,5 juta. Indosat Wiigo adalah ponsel dengan dukungan GPRS/ EDGE untuk mendukung konektifitasnya tanpa adanya dukungan 3G.

Ponsel ini sendiri memiliki bentuk candy bar dengan keypad Qwerty. Pada sisi penampil, ponsel ini mengusung LCD TFT 65 K 2,5 inchi. Pada dapur pacunya, ponsel ini menanamkan memori RAM 128 MB, ROM 256 MB. Juga terdapat kamera dengan resolusi 2 megapiksel, serta slot micro SD.

Dilansir BeritaHP.Com dari Detikinet, Sabtu (17/07/2010), Indosat mengklaim bahwa ponsel ini adalah asli buatan Indonesia. ”Wiigo pakai handset bikinan Indonesia 100%,” kata Teguh Prasetya, Group Head VAS Marketing Indosat.

Ponsel yang menggunakan sistim operasi (OS) Android 1.6 itu, kata Teguh, dikembangkan bersama antara Indosat dengan vendor Simplimobile. Mulai dari perakitan hingga pengembangan aplikasinya.

“Indosat di sini ikut terjun. Kami masuk sampai level R&D (riset dan pengembangan). Think thank-nya kan Indosat. Sementara Simplimobile, dulunya content provider,” kata Teguh.

Meski baru menggunakan OS Android 1.6 (Donut), namun kata Teguh, handset ini nantinya bisa di-upgrade ke OS Eclair maupun Froyo.

“Kami waktu itu pakai yang 1.6 karena sudah masuk R&D satu tahun. Namun itu upgreadable dalam waktu dekat. Sedang dikembangkan internal dulu,” jelasnya.

Paket Wiigo yang dipasarkan Indosat terdiri dari sebuah ponsel Android Qwerty dan layanan internet on demand ala BlackBerry. Ponsel ini memiliki kemampuan email (POP3, IMAP), chat, jejaring sosial, dan aplikasi lainnya. Namun jika tidak berlangganan layanan data, ponsel itu masih bisa digunakan untuk panggilan suara dan SMS.

Kemampuannya mungkin akan ditingkatkan jadi 3G. Teguh mengungkapkan, Indosat dan Simplimobile akan kembali menghadirkan varian baru dari Wiigo tersebut.

“Saat ini memang baru satu jenis yakni Wiigo T1. Tapi nantinya akan ada dua jenis lagi. Jumlah yang kami sediakan hingga akhir tahun 200 ribu unit,” pungkas dia.

Indosat Wiigo hadir bersamaan dengan debut layanan data Indosat yang khusus diperuntukan bagi handset-handset Android, yakni layanan Android on Demand.

Indosat mengklaim bahwa mereka menjadi operator pertama yang menghadirkan solusi Android on Demand pertama di dunia, yang memberikan solusi end-to-end melengkapi layanan data dan push mail Indosat sebelumnya. Dengan Android on Demand ini, Indosat Wiigo tak cuma mampu menelepon dan SMS-an, melainkan juga mengakses paket data unlimited, layanan email (mail POP2, IMAP), chatting (Yahoo Messenger, GTalk, MSN), maupun layanan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Koprol).

Android on Demand Indosat dibagi menjadi tiga jenis paket layanan, yakni paket push mail dan chatting dengan tarif Rp40 ribu per bulan, paket jejaring sosial dan chatting bertarif Rp60 ribu, serta paket regular (push mail, chatting, jejaring sosial, browsing dalam satu paket) dengan tarif bulanan Rp120 ribu.

Namun, Indosat akan mendiskon tarif paket-paket ini selama periode Agustus 2010 sampai Februari 2011, masing-masing paket menjadi seharga Rp30 ribu per bulan, Rp50 ribu per bulan, dan Rp100 ribu per bulan.

Tidak ada komentar:

Copyright © Informasi Untuk HP